Tenario's Gospel

Senin, 19 Mei 2008

Blue's Clue



















Selesai ngebahas MU, kayaknya ngak afdol kalo saya ngak ngebahas sedikit juga tentang The Blues Chelsea. Sebenarnya menjelang Final Liga Champions di Moscow Kamis ini perasaan saya sedang terbagi. Kayak buah simalakama, saya bingung mesti mendukung yang mana karena kedua-duanya adalah tim kesayangan saya. So Kamis ini saya akan menjadi pihak netral saja dan menikmati sepakbola murni dari permainannya tok, tanpa ada embel-embel megang siapa…=)

Dari segi prestasi Chelsea sebenarnya tidak bisa dibilang gagal musim ini. Walaupun diwarnai dengan kejutan mundurnya Jose Mourinho di awal musim, Avram Grant yang masuk dan berperan sebagai caretaker cukup mampu membuat The Blues konsisten dan tidak malu-maluin dari segi pencapaian musim ini. Mulai dari berhasil masuk ke final Piala Carling, berhasil mengintai MU hingga pekan terakhir untuk bersaing merebut posisi juara liga, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah klub menembus babak final liga Champions.

Terlepas dari raportnya yang cukup lumayan, saya tetap pada pendirian awal bahwa Avram Grant harus diganti apapun hasil dari pertandingan Kamis nanti. Rumor ramai mengatakan bahwa Frank Rijkaard dan Gus Hiddink adalah kandidat terkuat sebagai penggantinya, namun kabar terakhir juga menyebutkan Michael Laudrup masuk ke bursa pelatih Chelsea musim depan.

Siapapun dari ketiga sosok ini yang terpilih it’s okay with me, Rijkaard sendiri sudah membuktikan dirinya sebagai pelatih yang memiliki skema permainan yang selain enak dilihat juga berhasil menyumbangkan 1 trophy liga Champions, terlepas dari buruknya penampilan Barca di musim ini. Gus Hiddink sendiri adalah pelatih yang jenius, terbukti dalam 2 piala dunia terakhir tangan dinginnya berhasil menyulap Korea Selatan dan Australia menjadi tim yang mampu tampil memukau dan menyulitkan negara-negara dengan sejarah sepakbola yang lebih mapan. Nama terakhir yang masuk bursa Michael Laudrup pun tidak bisa dipandang sebelah mata, walaupun karir kepelatihannya masih termasuk baru namun kepiawaiannya dalam menukangi Getafe layak diacungi jempol, terbukti dengan kesuksesan klub tersebut menjadi kuda hitam di kompetisi UEFA dan liga Spanyol tahun ini.

Dari segi pemain pun yang menurut saya pribadi harus dipertahankan hanya Cech, Terry, dan Joe Cole, diluar dari ketiga nama tersebut silakan dilepas. Drogba yang semakin tidak kerasan, Shevchenko yang kurang mampu beradaptasi dengan kultur sepakbola Inggris, Pizzaro, Wright Phillips, Malouda silakan angkat koper. Lini tengah pun harus memilih salah satu diantara Lampard atau Ballack, atau sekalian extreme melego kedua-duanya dan menggantinya dengan playmaker baru hehehehe.

Pemain-pemain yang dirumorkan akan masuk juga bermacam-macam, dari David Villa, Quaresma, Kaka, Messi, Dos Santos, hingga Ibrahimovic. Bagi saya target yang cukup realistis mungkin adalah Villa, Quaresma dan Dos Santos, namun dengan kegagalan AC Milan menembus 4 besar liga Italia yang membuatnya hanya berlaga di piala UEFA musim depan plus kekuatan uang Abramovic yang no limit menjadikan target untuk mendatangkan Kaka juga cukup realistis. Sejauh ini satu-satunya pemain yang sudah berhasil diikat adalah Jose Bosingwa bek kanan Porto yang sepertinya diproyeksikan untuk menggantikan Ferreira atau Beletti.

Buat saya sih, siapapun yang datang tidak masalah, yang penting dan krusial bagi masa depan The Blues sekarang ini adalah sosok pelatih yang mumpuni, secara taktik hebat dan berkharisma di depan pemainnya serta mampu menghadapi pers. Gue sih maunya Michael Laudrup yang terpilih hahahahahaha, tapi que sera sera lah. Viva True Blue!!!

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda