Tenario's Gospel

Minggu, 03 Februari 2008

Antara Tangerang dan Jakarta

Lagi-lagi Jakarta pesta air. Jumat kemarin tanggal 1 Februari 2007, Jakarta kembali lumpuh total akibat banjir yang mendera sebagai akibat dari hujan yang turun tidak berhenti semenjak Kamis malam. Ironis memang melihat sebuah kota metropolitan, pusat pemerintahan dari salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia tiba-tiba mati suri, lumpuh tanpa bisa berbuat apa-apa hanya karena disiram hujan 1 malam.

Yang membuat tambah miris adalah pernyataan Gubernur Fauzi Bowo yang konon waktu kampanye menyebut dirinya sebagai ahlinya Jakarta yang menyatakan bahwa kita tinggal berdoa saja dan berharap kepada belas kasih alam. Dengan kata lain sang ahlinya Jakarta tidak punya agenda pemecahan dan solusi untuk permasalahan ini.

Kantor gue yang berada di daerah Thamrin pun tak luput diterjang banjir, di Sarinah genangan air mencapai lutut orang dewasa, lalu lintas macet total, bus Trans Jakarta pun tak bisa berbuat banyak karena tidak berani menerjang kepungan air. Bandara internasional Soekarno-Hatta, tolong dicatat INTERNASIONAL, shutdown karena aksesnya terhambat, banyak kapal yang ditunda keberangkatannya dan banyak yang harus berputar arah karena tidak mendapat ijin mendarat. Yang paling ngeyel adalah berita dari maskapai Adam Air yang menghanguskan semua tiket penumpang yang tidak bisa diberangkatkan, GILA!!!

Buat gue sendiri Jumat kemarin jadi sebuah petualangan, petualangan mencari jalan pulang ke Tangerang hehehe. Jam 4 sore kantor sudah kosong, orang-orang sudah berbondong-bondong pulang setelah melihat kondisi cuaca yang cukup kondusif. Akhirnya gue pun memutuskan buat nekad pulang dengan pikiran dengan kondisi jalan protokol yang sedang macet total, arah lalu-lintas ke Tangerang pasti akan lenggang, dan terbukti gue SALAH BESAR!!! Hahaha.

Setelah menyusun strategi, akhirnya gue mutusin buat naik Taxi lewat jalur alternatif sampe ke Lippo Karawaci n minta dijemput disana aja sama ade gue. Lalu-lintas yang tampaknya menjanjikan pada awalnya berubah 180 derajat saat gue nyampe di daerah Slipi yang mau menuju ke Kemanggisan. Setelah tidak bergerak sama sekali selama 40 menit akhirnya gue memutuskan untuk turun dan jalan kaki aja sampe pintu tol Kebon Jeruk, lumayan jauh sih jaraknya tapi ya sudahlah daripada stuck.

Kemudian gue memilih jalan kaki menyusuri jalan pinggir tol, tapi shit tiba-tiba gue ngeliat banyak kendaraan yang puter arah. Ngak taunya di depan ada genangan banjir yang cukup dalam sepanjang 300 meteran. Udah kadung disana akhirnya gue memilih untuk memanjat pagar jeruji pembatas tol dan merayap perlahan untuk melewati genangan air tersebut.

Lepas dari sana penderitaan belum berakhir, baru jalan kaki sejauh kira-kira 500 meter eh ada lagi banjir, yang kali ini lebih dalam n lebih panjang haaaaah=(. Udah terjebak di tengah-tengah situ gak ada pilihan lain selain maju terus, akhirnya gue terobos tuh banjir sambil jalan kaki dan ya Oloh ternyata berat cing apalagi kalo ada mobil lewat, kita mesti siapin kuda-kuda biar ngak kesapu sama air. Setelah jalan sekitar 500 meteran, celana yang digulung-gulung udah gak ada gunanya karena udah basah juga sepinggang.

Nah untungnya kemudian ada truk tim gegana yang lewat, tampaknya abis memberi bantuan kepada para korban banjir di daerah lain, akhirnya gue disuruh naik tuh (pas udah di atas gue baru notice, ras mongoloid sendirian gue hahahahahaha). Eh pas naik sendal gue copot sebelah, tapi ya sudahlah masa mau bela-belain sendal jepit sebelah doang. Ternyata lumayan jauh juga tuh tumpangan, dan akhirnya kita diturunin di daerah relasi Kebon Jeruk. Tapi emang dasar nasib lagi apes, pas turun payung yang gue bawa nyangkut dan tuh truk kan ngak berhenti total alias masih setengah jalan, alhasil jatoh terjerembab deh gue n hampir ketabrak sama truk gegana 1 lagi yang di belakangnya. Untung gue dibantuin sama 1 orang mas-mas yang baik hati namanya Ajo, kemudian setelah bangun dengan cenut-cenut di bagian bokong akhirnya gue ke warung sebentar buat beli sendal jepit, masa sampe Tangerang nyeker hahahaha sekalian juga mungut payung gue yang nyangkut terus dibuang di semak-semak sama pak gegana. Oiya belum sempet bilang Terima Kasih sama bapak-bapak gegana yang udah baik hati kasih tumpangan, Maturnuwun ya Pak…=)

Selesai nyobain sendal baru gue jalan kaki lagi deh menuju pintu tol Kebon Jeruk bareng Ajo yang kebetulan rumahnya juga di Tangerang. Sampe disana buset deh ramenya, tapi untungnya nunggu gak lama sekitar 20 menitan bis kita lewat. Dengan sedikit ilmu yang hanya didapat dari pengalaman naik angkutan umum bertahun-tahun berhasil-lah kami naik ke bis P 100 jurusan Senen-Cikokol yang padat abizz itu.

Berdiri empet-empetan dengan gaya semi yoga yang di luar akal sehat ternyata ngak begitu terasa saat kita lagi susah bin terdesak dan menghalalkan segala cara asal bisa pulang hahahahaha. Namun dikarenakan banjir di pintu tol Karang Tengah yang cukup dalam, banyak mobil yang memilih menepi dan menunggu banjir surut, alhasil macet lah yang terjadi. Setelah nongkrong selama hampir 2 jam akhirnya bis kami sampe juga di Kebon Nanas, ya Oloh itu perasaan ngeliat uda nyampe Tangerang ngak bisa dilukisin dengan kata-kata hahahaha, Puji Tuhan banget deh akhirnya nyampe juga…=)

Yah walaupun nyebelin, banyak hikmah lah yang bisa kita petik dari kejadian-kejadian ini, moga-moga bisa jadi pembelajaran buat kita masing-masing. Paling enggak gue nambah satu temen n pengalaman lucu yang bisa gue ceritain ke orang-orang, tapi Pak Kumis Ahlinya Jakarta mbok ya puter otak dikit buat cari solusi buat masalah ini, cuman inspeksi ma janji-janji doang mah udah basi kaleee!!!

Oiya setelah nyampe dan istirahat, baru deh kerasa itu colaterall damage petualangan gue, keseleo dan nyeri-nyeri sendi hahahahaha, nasib-nasib...=)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda