Tenario's Gospel

Sabtu, 31 Januari 2009

Bangkok Cinema Paradiso
















When in Rome, do as the Romans do! Pernah denger enggak idiom ini? Nah karena terngiang-ngiang oleh idiom inilah akhirnya gue memutuskan bahwa sebagai orang yang hobi utamanya nonton, enggak lengkap rasanya kalo gue ke Bangkok tapi enggak ngerasain bagaimana rasanya nonton bioskop di sana.

Yo wis, rencana ini bermula dari poster gede film Red Cliff 2 yang udah dipasang dimana-mana waktu itu di Bangkok. Nah berhubung gue nonton Red Cliff 1 dan penasaran banget sama kelanjutannya, gue niatin deh buat nonton film itu di Bangkok saja. Kan bahasanya mandarin pasti ada teks inggrisnya, jadi aman, enggak bakal bengong gue di combo sama oral mandarin dan teks Thailand hehehehehe.

Hari itu adalah hari ke 3 gue di Bangkok, keluar dari hotel jam 12-an dan menuju ke stasiun BTS, lalu beli tiket ke National Stadium. Nah stasiun National Stadium ini nyambung sama pusat perbelanjaan yang namanya MBK, kalau disini itu tuh Mangga Duanya lah. Begitu nyampe lansung bergerak mencari tempat makan, laper banget belum sarapan dari pagi, abisnya hostel tempat gue tinggal menu sarapannya monoton banget, telur mata sapi, sosis, nasi goreng, cereal, yoghurt, gituuuuuuuu aja tiap hari.

Nah akhirnya gue ketemu sama satu restoran yang unik juga desain interiornya, ala-ala Amrik tahun 60-an 70-an gitu deh, terus lagu yang diputer juga lagu-lagu Connie Francis, Nat King Cole, dan teman-teman almamaternya. Miriplah sama restoran Hot Shots yang ada di PIM 2 dan Senayan City kira-kira. Tapi ternyata desain Amriknya cuma gimmick doang, menu makanannya kaga ada Amrik-Amriknya, udah gitu semua pelayannya juga kaga ada yang bisa ngomong inggris, seperti biasa hahahahahaha.

Setelah bolak-balik menu cukup lama akhirnya gue memutuskan buat nyobain Tom Yum Goong n minum English Tea (enggak nyambung banget yak hahahahaha). Nunggu tidak begitu lama akhirnya muncul juga tuh makanan, yah secara rasa sih cukup mak nyuss, asem pedes seger n udangnya gede-gede. Yang sedikit bikin kesel adalah, pas mesen desert gue liat di gambar menu sepertinya sup ubi manis, lalu gue tanya sama pelayannya, “Is this sweet potato?” sambil nunjuk ke sang gambar, lalu dia liat gambar yang gue tunjuk, terus liat ke gua, n bilang, “Yes!!!” Ya udah gue pesen deh 1 mangkok. Eh udah ngebayangin enaknya makan sup ubi manis setelah makan Tom Yum Goong yang pedes asem itu, gak taunya pas dateng gambar kotak-kotak orange yang ada di menu itu ternyata bukan ubi tapi melon, huuu=(

Abis kenyang makan baru deh gue naik ke lantai paling atas tempat si bioskop itu berada. Tapi selidik punya selidik film Red Cliff 2 ternyata belum ditayangin alias masih jatahnya coming soon, yah lagi-lagi kecewa. Tapi udah kadung disana yaudah deh gue memutuskan nonton film Thailand aja sekalian, toh ada teks inggrisnya. Pilih-pilih sambil baca sinopsis yang ada di layar akhirnya gue milih film yang judulnya 4 Romance, cerita kompilasi 4 kisah cinta gitu deh.

Tiketnya sendiri harganya 100 Bath, berarti kira-kira 30 ribu uang sini lah. Abis beli tiket lansung menuju ke studionya, sebelum masuk ke area studio ternyata kita dicegat dulu sama 2 petugas, yang 1 meriksa tiket yang 1 meriksa tas gue. Selesai inspeksi akhirnya gue boleh masuk, Horeeee!!! Sampe di dalem, wah ini mah mirip-mirip bioskop MPX Grande di bilangan Blok M yang sudah sedikit renta dan out of date, tempat duduknya juga sempit dengan sedikit bau yang tidak begitu sedap, wah first impression yang kurang baik. Padahal konon bioskop di MBK ini adalah salah satu bioskop yang cukup elite.

Terus di Thailand itu yang namanya ekstra dan iklan sebelum film dimulai itu panjangnya bisa mencapai 20 menit, jadi buat orang-orang yang enggak bisa on time dan suka telat kalo nonton mendingan elo-elo pada migrasi aja ke Thailand hehehehe. Abis selesai jatah ekstra dan sponsor, lampu dipadamkan wah indikasi film mau mulai neh, tapi tunggu dulu….

Tau-tau di layar tertulis himbauan buat berdiri guna memberi penghormatan buat sang raja, kayak kalau kita nonton di bioskop pas 17 Agustus gitu deh, tapi bedanya kalo disitu kayaknya tiap mau nonton mesti kasih penghormatan. Abis itu diputarlah film tentang si raja Thailand yang begitu dihormati rakyatnya ini, mulai dari kecil, merit, pentasbihan, lalu hasil-hasil kerjanya, lengkap dengan musik yang menyayat hati. Itu orang yang nyiptain tuh footage dan musik perlu dikasih dua acungan jempol, gue aja yang enggak ngerti bahasanya n enggak kenal sama rajanya sampe bisa ikut terharu dan berkaca-kaca, Canggih!!!

Overall sih film yang gue tonton sampah, picisan, tapi lumayan asik juga pengalaman nonton bioskop di negeri orang. Yah walaupun secara kemajuan pembangunan kita masih kalah, tapi kalo untuk urusan mutu bioskop bolehlah kita berbesar hati dengan jaringan XXI dan Blitz Megaplex yang kita punya hehehehe.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda