Tenario's Gospel

Kamis, 09 Oktober 2008

Planet B-Boy














Sepanjang gue idup, perasaan Cuma sekali gue nonton film documenter yang bener-bener bikin gue WHHOOOOAAAAAAA!!!! dan itu kejadiannya waktu gue kuliah semester 5, waktu gue pertama kali nonton AND1 Mix Tape. Sehabis itu sih walaupun lumayan banyak gue nonton film-film yang sifatnya full atau semi documenter yang bagus kaya Inconvenient Truth misalnya , tapi perasaan that blew my socks off gak pernah kejadian lagi.

Sampe kemarin malam. Jadi ceritanya gue lagi baca Kompas pagi-paginya, pas nyampe di bagian klasika yang ada jadwal pemutaran film gue liat di Blitz ada film baru Planet B Boy. Sekilas gue inget pernah liat trailernya, kayaknya menarik lagian topiknya mengenai breakdance, how can it goes wrong pikir gue hehehehe.

Akhirnya malemnya berangkatlah gue ke Blitz, dan tiba di depan loket kira-kira pukul 20:30 dan filmnya main jam 21:45. Waktu gue beli sih total penontonnya cuma 3, termasuk gue dan memang sampe film diputer penontonnya cuma gue ber-3 doang.

Film ini dibuka dengan sejarah singkat budaya hip-hop dan perjalanannya menembus masa 70-an, 80-an hingga sekarang. Kemudian film menjadi lebih fokus ke subyek mengenai Breakdance dan ajang terbesar tahunannya BOTY 2005. Fokus diarahkan kepada 5 tim ; The Gamblerz dari Korea, T-Phase dari Perancis, Knuckle Head Zoo dari USA, Ichigeki dari Jepang, dan Last For One dari Korea.

Film ini bergulir dan menuntun kita menyelami perjuangan secara moral dan material dari masing-masing personil ini. Dan inilah yang gue suka dari film documenter, setiap drama yang terjadi di dalamnya adalah sebuah realita hidup yang benar-benar terjadi. Secara overall film berdurasi sekitar 100 menit ini mampu menampilkan inti budaya hi hop yang pada film ini berfokus pada tema breakdance sebagai sebuah fenomena budaya populer yang menjadi jalan hidup bagi setiap penikmat dan pelaku sejatinya.

Bonusnya adalah gerakan-gerakan dan koreografi breakdance yang spektakuler, yang pasti sedikit banyak akan meransang kita yang menontonnya untuk ikut bergerak mengikuti hentakan musik dan gerakan mereka. A SUPERB cinematic experience, 4.5 stars for this movie.

Label:

1 Komentar:

  • Yup,,
    gw pun udah nonton Planet B-boy,
    and klo bole jujur,,penampilan Ichigeki sangat menarik perhatian gw,,mereka ga hanya sekedar ngedance,,atau punya koreo yg apik,,tp ada sesuatu yg mistis dalam tarian mereka,,keren abis d pokoknya,,gw aj nonton tercengang2..

    gamblerz emng bagus,,tp tariannya krg dramatis,,n klo diliat2,,eksekusi mereka krg sempurna aj dibanding taon lalu,,

    last for one,,,emng asik sih,,tapi gw lebih suka ichigeki yg #1

    phase T,,gw salut liat si anak kecil,,

    knuckleheads zoo,,no comment deh,,pdhl gw kira,,perwakilan dr amerika bisa lebih Ok..

    Oleh Blogger Suci Casablancas, Pada 8 Maret 2010 pukul 19.29  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda