Tenario's Gospel

Senin, 07 Januari 2008

Annyonghaseooo...



















Perkenalan pertama saya terhadap sinema korea adalah saat semester terakhir kuliah yaitu sekitar tahun 2004, film pertama yang saya tonton waktu itu adalah My Sassy Girl. Bermula dari film tersebut minat saya terhadap sinema korea menjadi menggebu-gebu, setelah itu berturut-turut saya menyaksikan film Lover’s Concerto, Marathon, Classic, Windstruck, dan puluhan film drama korea lainnya yang hebatnya sangat jarang mengecewakan saya.

Sisi yang berhasil dicover oleh sinema drama korea yang luput dari perhatian para sineas Holywood menurut saya adalah sisi humanis dari sebuah cerita. Film drama korea bila kita perhatikan secara seksama, dibangun dengan formula, lucu diawal, serius ditengah, dan menguras air mata di akhirnya. Yang menurut saya cukup berhasil untuk membuat kita memiliki waktu untuk menyukai karakter, kemudian menyelami karakter, dan pada akhirnya membuat kita berempati terhadap karakter dalam film tersebut.

Banyak juga sih temen-temen saya yang ngak suka sama sekali dengan film korea, bikin depresi katanya hahahaha…=), yah mungkin buat serial-serial TV nya yang sedang marak sih ada benernya juga pendapat itu. But overall saya sangat menikmati sinema drama korea, mulai dari treatment gambar, tata musik, sampai perhatian mereka terhadap hal-hal kecil yang memiliki keterkaitan dengan cerita. Daripada berkiblat kepada Holywood, ada baiknya para sineas muda kita mencoba belajar dari sinema korea, ya bukannya menyuruh untuk menjiplak mentah-mentah seperti yang telah dilakukan oleh beberapa FTV di SCTV hehehehe shame on you.

Diantara banyak film korea yang telah saya tonton, My Brother adalah salah satu favorit saya, drama keluarga tentang dua orang kakak beradik ini sangat menyentuh, dibintangi oleh Won Bin yang melejit di tanah air berkat serial Endless Love dan Friend nya, film ini sarat dengan nilai-nilai pembelajaran apakah arti persaudaraan yang sesungguhnya. Siapkan pula sekotak tissue bagi yang mudah terharu, it’s a must see…=)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda